Analisis Kinerja Pegawai Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Babelan

Authors

  • Siti Nur Kholizah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Djuni Thamrin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Matdio Siahaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Supriyanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tungga Buana Irfana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Kinerja Pegawai, pelayanan, Administrasi Kependudukan, Kecamatan

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Pegawai Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Babelan. Pendekatan yang digunakan adalah Secara Kualitatif dengan Tipe Deskriptif. Sumber Data berupa Data Primer dan Data Sekunder.Teknik Pengumpulan data pada penelitian yaitu menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data pada penelitian ini yaitu Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai pada bagian pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan Babelan dalam Pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan 5 (lima) indikator menurut (Dwiyanto,2006) yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Kinerja pegawai pada bagian pelayanan administrasi kependudukan di kecamatan Babelan ini sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari indikator produktivitas, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas sudah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kekurangan. Sementara pada indikator kualitas layanan masih harus di perhatikan lagi, terutama pada fasilitas yang diberikan untuk masyarakat yang masih belum memadai

References

Arif Yusuf Hamali, E. S. B. (2019). Pemahaman Praktis Administrasi, Organisasi Dan Manajemen: Strategi Mengelola Kelangsungan Hidup Organisasi (Edisi Kesa). Prenadamedia Group.

Dwiyanto, A. (2012). Manajemen Pelayanan Publik (Penuli, Inklusif, dan Kalobortif) (Kedua). Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Esthi, R. B., & Marwah, Y. N. (2020). Kinerja karyawan : motivasi dan disiplin kerja pada pt asahi indonesia. Forum Ekonomi, 22(1), 130–137.

Irfana, T. B., & Kusuma, W. H. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Loyalitas Karyawan Di PT . Nawakara Arta Kencana Jakarta The Influence Of The Work Environment And Compensation On Employee Loyalty At PT . Nawakara Arta Kencana Jakarta. 1(3).

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Raja Grafindo Persada.

Kurniawan Prambudi Utomo, S. (2020). Pengaruh layanan kualitas dan budaya kerja terhadap kepuasan masyarakat di kecamatan bekasi utara. 6(Mei), 55–66.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Journal Artikel, 20.

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi. Ecodemica, 2(1), 117–124. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf

Siahaan, M. (2022). Dampak Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial terhadap Masyarakat, Lingkungan dan Pemerintah. Studi Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 1(2), 113–125. https://doi.org/10.35912/sakman.v1i2.949

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Supriadi, M. N., Tinggi, S., Arastamar, T., Manullang, S. O., & Krisnadwipayana, U. (2021). Pelayanan Publik (Nomor January).

Thamrin, D., Alya, B., & Az, N. (2023). Dimensions of Leadership , Communication and Employee Performance at PT . PLN ( Persero ) UP3 Bekasi. 1(1), 87–94.

Widaningsih, R. A., Sukristanta, S., & Kasno, K. (2020). Tantangan Bagi Organisasi dalam Mempertahankan Kinerja Pegawai Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Al Tijarah, 6(3), 193. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5813

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Siti Nur Kholizah, Djuni Thamrin, Matdio Siahaan, Supriyanto, & Tungga Buana Irfana. (2024). Analisis Kinerja Pegawai Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Babelan. IJESM Indonesian Journal of Economics and Strategic Management, 2(1), 1038–1048. Retrieved from https://journal.drafpublisher.com/index.php/ijesm/article/view/113

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>